Senin, 18 Februari 2013

Menabung untuk "modal kawin"


Menginjak masa kuliah kini saya nyadar akan arti besarnya duit, dengan adanya duit saya bisa sekolah sampe sekarang, dengan adanya duit saya bisa makan kayak sekarang ya meski kadang-kadang suka bongkar tong sampah depan kosan (kebiasaan lama emang susah buat dihilangkan), dengan adanya duit sekarang saya bisa pake baju yang lumayan bagus kayak sekarang. Dan itu juga gak jauh-jauh dari usaha dan kerja keras Babah yang selalu ngebiayain kebutuhan-kebutuhan saya termasuk sekolah dan kuliah sampe sekarang, big hug buat Babah deh J. Saya yang cuman bisa nunggu kiriman bulanan dateng tiap bulan kadang mikir, semenjak Saya jauh dari rumah dan jarang pulang kira-kira apa yang sedang Babah lakuin di rumah. terkadang sedih juga sih tapi Babah pernah ke saya, “asal jajak niat buat kuliah abah siap biayain semuanya,” dan Saya pun cukup seneng dan bahagia dengan perkataan emas Babah tadi tapi masi ada lanjutannya, “tapi semisal jajak memang angin-anginan kuliahnya mending kawan terus abah beliin becak buat kerja,” sepintas di otak saya sebenernya Babah rido gak sih ngebiayain saya kuliah, tapi sebenernya sih semenjak jauh dari rumah saya suka mikir keadaan rumah di kampong halaman , dengan keadaan jam kuliah yang sempit untuk pulang ke martapura (tempat kelahiran saya) rasanya gak cukup waktu, Babah juga bilang, “kalo jajak balik terus bisa-bisa nanti gak betah di kosan dan malah males-malesan kuliah,” mendengar ucapan Babah yang kemaren-kemaren kalo saya males-malesan kuliah nanti bakal berakhir jadi tukang becak dan kawin muda dengan entah siapa jodohku nanti, amit-amit cabang bayi.

 
Selama satu semester ini pun sudah banyak banget pengeluaran sia-sia yang saya pikir mungkin bisa saya sisain buat ditabungin kali aja butuh sewaktu-waktu perlu. Saya juga nyadar kalo kelamaan kuliah juga bisa nyusahin Babah dan yang lainnya, ya semakin lama kuliah semakin banyak juga duit yang bakal keluar dari kantong Babah buat ngebiayain kuliah ini. sewaktu SMA saya memang hoby banget yang namanya nabung karena apa di martapura sendiri makan minum dan keperluan sehari-hari udah mencukupi, saya juga harus bersyukur karena dilahirkan di keluarga yang bisa dibilang mampu dalam hubungan finansialnya, jadi semua duit jajan sehari-hari walhasil masuk ke dalam gentong kodok celengan saya yang sekarang udah pecah untuk beli baju baru buat sekolah ,ya.. sewaktu SMA mama memang ngajarin saya buat nabung untuk keperluan saya sendiri dan terbelilah baju seragam sekolah saya dari hasil nabung selama berbulan-bulan, lain halnya dengan sekarang uang yang monoton dikirim tiap bulan membuat saya untuk nabung pun sulit rasanya, namun karena bawaan dari dulu saya bela-belain buat nabung meski cuman uang receh tapi yang namanya uang meski hanya 100 rupiah masi berlaku kok.

Di rumah beda di kosan juga beda kalau di rumah saya pernah punya celengan kodok nah di kosan sekarang saya punya celengan yang wadahnya adalah toples bekas jajanan(sosis sonice) biar tambah seru dan bikin semangat nabung tu celengan saya kasih tulisan” MODAL KAWIN” yang saya temple pake perekat, ya… seperti yang saya bilang tadi itu cuman sekedar iseng doang kok supaya gue jadi tambah semangat buat nyisihin duit untuk ditabung(semoga alesannya masuk akal). Berbagai macan expresi yang ditimbulkan teman-teman saya waktu mereka ngeliat celengan yang ada di kosan saya itu; ada yang ketawa, ada yang heran, ada yang dianggep serius ada yang horny(jangan di tanya saya enggak tau apa-apa). 
konon celengan ini pernah terisi penuh, kemudian bulan tuan pun datang.

Dan sekarang duit yang ada di celengan gue sudah lumayan banyak, meski kadang-kadang di krisis akhir bulan suka saya membuat iman saya tergoyahkan juga demi sebungkus mie instan dan 1 telor ayam modal kawin saya pun menjadi pilihan terakhir. Well mungkin saya gak bisa ngebantu banyak Babah dalam urusan ngebiayain semua keperluan saya semala merantau, tapi paling tidak kebiasaan menabung ini sedikit membantu saya, khususnya di akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...